Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Jawa Barat Kabupaten Cirebon

Embung Sumur Kondang Dinantikan Fungsinya oleh Masyarakat dan Petani.

ToyaCirebonOnline.com

Kab. Cirebon Karangwareng – Proses
Pembangunan embung di Desa Sumurkondang, Kecamatan Karangwareng Kabupaten Cirebon, selalu dinantikan fungsinya oleh masyarakat sekitar Embung untuk penunjang pertanian disertai sarana saluran primer, sekunder dan saluran tersier.

Hal itu dikatakan Heriyanto, salah satu tokoh masyarakat desa Sumur Kondang, bahwa pembangunan embung sangat dinantikan para petani dan masyarakat untuk mengairi sawah dan minimalisasi banjir di rumah warga. Akan tetapi, perlu dibuatkan saluran primer, sekunder dan saluran tersier. ” Kapasitas embung ini relatif banyak, tidak saja untuk mengairi pertanian di desa. Namun desa lain juga memerlukan pembangunan saluran, untuk mengairi sawah yang jauh dari embung,” jelas Heriyanto, Kamis (23/10/2019).

Selain itu Heri juga memaparkan, saluran yang dibangun pihak terkait BBWSCC sekitar tiga kilo meter, bila embung selesai bisa menampung air hujan dan  mata air. Kemudian, disalurkan ke sawah petani dengan saluran yang belum ada. Sehingga, perlu dibuatkan saluran, untuk sampai ke sawah petani,” ungkapnya.

Diapun berharap, pihak terkait secepatnya merealisasikan pembangunan saluran tahun depan. Sebab,  pembangunan itu berkesinambungan antara embung dan saluran. “Pihaknya bersama warga desa, mengucapkan terima kasih pada pihak terkait yang telah merealisasikan pembangunan embung, semoga tahun depan dibuatkan saluran primer, sekunder dan saluran tersier,” harapnya.

Sementara itu, dikatakan Dadang warga Sumur Kondang, adanya embung sangat bermanfaat bagi petani dan masyarakat. Diharapkan embung segera diselesaikan,  sebelum penghujan sudah dapat langsung terisi air dan ketika kemarau, dialirkan ke sawah.

“Sebagian besar para petani padi enggan bercocok tanam, Karena dengan beroperasinya embung ini, berdampak positip pada masyarakat dan petani” pungkasnya. (Toto M Said/rls)

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat