Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Feed



Google




Feed



Google




Kabupaten Cirebon

Desa Waruduwur Bentuk P3A Mitra Cai “Bintang Sumber Air” Wadah Petani Bersilaturahmi dan Koordinasi

ToyaCirebonOnline.com


Kab. Cirebon – Waduk Setu Patok yang digunakan untuk pengairan lahan pertanian di Kecamatan Mundu salah satunya 12 Desa   yaitu Desa Mundu pesisir, Bandengan, Mundu Mesigit, Suci, Sinarrancang, Banjarwangunan, Setupatok, Pamengkang. Citemu, Penpen, Luwung dan Waruduwur di Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon.

Pantauan Cirebon Online.com di sepanjang irigasi tersier tersebut, kondisinya airnya masih rebutan air dari waduk Setupatok. Dari permasalahan tersebut pihak desa Waruduwur mengadakan rapat Pembentukan Kelompok Petani Pemakai Air (P3A) mitra cai, petani tebu dan petani padi untuk menyelesaikan pembagian air waduk Setupatok di areal sawah, jangan sampai terjadi sengketa. Kamis (17/09/2020).

Menurut kuwu Yadi desa Waruduwur,  dibentuknya kelompok tani untuk kemajuan dan kesejahteraan para petani padi dan tebu di desanya. “Pihaknya membentuk P3A Bintang Sumber Air ini. sepakat untuk koordinasi dan komunikasi antar petani antar Pemdes berjalan kondusif dan petani diharapkan dapat memajukan sektor pertanian baik petani padi atau petani tebu demi kesejahteraan bagi para petani berdaya guna dan bermanfaat bagi masyarakat desa Waruduwur dan sekitarnya.” Ungkapnya.

Kuwu Yadipun, mengajak para petani untuk bersatu bersama-sama menjaga silaturahmi antar petani. Jadi adanya pembentukan P3A ini, bisa menganngkat ekonomi rakyat dan memupuk persaudaraan sesama petani. Harapnya.

Disampaikan ibu Hj. menjelaskan, kondisi petani harus mendapatkan pembinaan dan wadah kuantitas dan kualitas hidup petani masa panen. Sehingga petani mengalami kemajuan ekonomi, berdampak pada hasil yang memuaskan. 

“Sebelum adanya rapat ini masyarakat terus berebut air di saluran areal pesawahan. Sebab, para petani masih bergantung pada pengairan waduk Setupatok apalagi di musim kemarau para petani berebut air. Jelasnya. 

Sedangkan Camat Mundu H. Anwar Sadat SH. melalui Kasi Eksbang Lina, mengharapkan pembentukan P3A Bintang Sumber Air sebagai langkah silaturahmi wadah para petani untuk saling koordinasi dan komunikasi. ”Jangan ada gontok gontokan dan perebutan air antar petani.” ujarnya. 

Ditambahkan Siti Aisyah atau Ade, kepala UPT Pertanian Kecamatan Mundu dan Pangenan memaparkan, dirinya sudah  berkoordinasi dengan instansi terkait untuk segera menyelesaikan permasalahan pembagian air, jangan sampai berlarut-larut. Karena, kalau tidak segera diatasi di khawatirkan terjadi keributan antar petani dan desa. Tandasnya (Toto M Said) 

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat