Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Feed



Google




Feed



Google




Jawa Barat Kabupaten Cirebon

Desa Tersana Realisasikan KIP UU Nomer 14 Tahun 2008 “Data Penerima Bantuan Covid-19”

ToyaCirebonOnline.com

Kab. Cirebon, Pabedilan – Dalam mewujudkan transparandi ke publik dan sebagai tanggung jawab serta merealisasikan amanat undang undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan  Informasi Publik (KIP). Pemerintah desa Tersana Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon Melakukan publikasi data penerima bantuan sosial (Bansos) bagi masyarakat yang terdampak Virus Corona, menggunakan baliho yang dipajang di depan kantor desa setempat.

Disampaikan Kuwu Sarja Sugendri, adanya Baliho data penerima bantuan bisa di lihat langsung oleh masyarakat luas atau papan pengumuman yang yang ada di RT masing masing. Dipublikasikannya daftar penerima bantuan yang diterima oleh warga Desa Tersana tersebut, dirinya berharap agar masyarakat dapat mengetahui secara umum bantuan dari sumber yang mana, sehingga tidak menimbulkan kecurigaan mayarakat bagi yang tidak mendapatkan bantuan.

“Kami mendaftarkan nama penerima bantuan sesuai hasil dari musyawarah desa bersama lembaga desa terkait, agar masyarakat mengetahuinya, bahkan warga bisa mengecek datanya di RT masing masing yang mendapatkan bantuan dari sumber yang mana,” Jelas Kuwu Sarja Sugendri.

Sedangkan daftar nama penerima bantuan yang tercatat merupakan warga dari RT 001 hingga RT 011, sumber bantuan yang didapat seperti  BPNT, BPNT Perluasan, dan PKH sebanyak 455 KK, Kemensos RI sebanyak 56 KK,  BST Himbara Sebanyak 2 KK, Bantuan Gubernur Jawa Barat sebanyak 683 KK, Bantuan Kabupaten Cirebon sebanyak 44 KK, Pemerataan BLT-DD sebanyak 178 KK.

Sementara data BLT-DD yang terdata merupakan data sementara hingga menunggu data susulan, bagi warga yang belum terdata mendapatkan bantuan terdampak Covid-19, saat ini jumlah KK sementara Desa Tersana sebanyak 1.415 KK.

Sementara menurut Sekertaris Desa (Sekdes) Gustaf Wicakseno mengutarakan pihaknya telah melakukan  keterbukaan dan transparansi tentang informasi penerima bantuan untuk masyarakat terdampak Covid-19.

“Saya berharap masyarakat menghargai kinerja pemerintah desa yg berusaha semaksimal mungkin untuk mensejahterakan masyarakat. Sebab, dari keterbatasan tenaga dan kekurangan dalam pendataan mohon dimaklumi. Karena data ini, merupakan ajuan dari RT dan RW, apabila warga belum terdata silahkan mengajukan kepihak desa, dirinya siap mengajukan untuk mendapatkan dari sumber lain, terpenting bakal penerima merupakan warga Tersana” Ungkapnya

Bahkan Sekdes Gustaf menghimbau agar masyarakat Desa Tersana bersama sama ikut pro aktif dan ikut mengevaluasi data yang dipublikasikan. Supaya Desa Tersana menjadi Desa percontohan di Kabupaten Cirebon Desa yang merealisasikan Keterbukaan Informasi Publik sesuai UU Nomer 14 Tahun 2020. Tandasnya ( Toto M Said).

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat