Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Feed



Google




Feed



Google




Kabupaten Cirebon

Desa Picung Pugur Gelar Demokrasi “Rekrutmen Calon Perangkat Desa Melalui Tes Akademis Langsung dan Umum”

ToyaCirebonOnline.com

Kab. Cirebon – Pemerintahan desa Picung Pugur, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon. dalam pelaksanaan pemilihan calon perangkat desa menerapkan pemilihan secara demokratis.

Hal itu, dikatakan kuwu desa Picungpugur, Dwi Saki. Bahwa dilaksanakannya tes akademis terhadap lima calon perangkat desa yang diselenggarakan secara terbuka dan disaksikan oleh beberapa pihak, baik dari lembaga desa, tokoh masyarakat termasuk unsur tripika Kecamatan Lemahabang. Kamis, (03/12/2020).

Diapun menuturkan, pelaksanaan pemilihan calon perangkat desa di laksanakan melalui tes akademis, dimana acaranya sendiri digelar secara langsung dan terbuka. Bahkan pemilihan secara demokratis itu, disaksikan oleh lembaga desa, tokoh masyarakat, unsur Tripika, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, Polsek Lemahabang serta Koramil Sindanglaut. Kata kuwu Dwi Saki.

Lebih lanjut dirinya menambahkan, di realisasikannya pemilihan calon perangkat desa melalui tes akademis. Ia berharap hasilnya bisa menjadikan roda pemerintahan desa akan semakin baik, khususnya dalam hal tranparansi maupun Sumber Daya Manusia yang mumpuni.

“Kami mencoba untuk menerapkan pola demokrasi sebagai salah satu wujud kebersamaan Hak bagi setiap orang atau warga. Dan, Alhamdulillah, acara tes akademis ini berjalan lancar dengan membuahkan hasil dua orang terpilih menjadi perangkat desa yang baru dari jumlah peserta tes sebanyak lima orang, dan InsyaAllah secepatnya akan dilakukan pelantikan,” imbuhnya.

Pelaksanaan tes akademis terhadap calon perangkat Desa baru berjalan sesuai acara dengan tetap menerapkan protokol kesehatan

Sementara itu, Kasi Pemerintahan Kecamatan Lemahabang, Mustakin, mengapresiasi pelaksanaan rekrutmen calon perangkat desa melalui tes akademis secara langsung dan terbuka.
” Kami sangat mengapresiasi pengangkatan perangkat desa baru melalui sistem tes akademis secara langsung dan terbuka, tentunya diharapkan dengan adanya tes akademis ini akan menghasilkan sosok perangkat desa yang memiliki Sumber daya manusia yang professional bersinergi dan berintegritas tinggi terhadap kemajuan desa.” ungkapnya.

Oleh karena itu, pihaknya sangat berharap kepada desa lain untuk menerapkan konsep kerja seperti yang dilakukan pemerintahan desa Picung Pugur, karena sepengetahuan kami, konsep pemilihan perangkat desa melalui tes akademis secara langsung dan transpansi.” pungkasnya. (Toto M Said)

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat