Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Feed



Google




Feed



Google




Jawa Barat Kabupaten Cirebon

Desa Citemu Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon “Siap Gelar Pesta Laut 2019”

ToyaCirebonOnline.com

Kab. Cirebon,  Mundu – Desa Citemu Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon akan menggelar pesta Nadran atau laut, pada hari Senin, tanggal 5 Agustus 2019. Agenda kegiatan masyarakat nelayan tahunan itu akan dilaksanakan dengan semeriah mungkin sesuai budaya dan tradisi yang berlaku. 

Hal itu disampaikan Kuwu Supriadi pada ToyaCirebonOnline, masyarakat desa Citemu siap menggelar pesta nadran dengan aman dan tertib dengan motto melestarikan budaya lokal terutama tradisi nelayan yang jangan sampai punah tertelan zaman millenium. Jelas Kuwu Supriadi. 

Lanjut kuwu Supriadi, untuk mengadakan pesta laut ‘Nadran’.
Seluruh replika berkaitan dengan laut diarak untuk menyemarakkan pesta nelayan. Untuk itu perlu diketahui publik,  bahwa pesta nadran sendiri merupakan upacara adat para nelayan sebagai wujud rasa syukur atas hasil tangkap ikan selama bernelayan, sebuah harapan agar ada peningkatan hasil tangkap ikan di waktu mendatang dan tercegah dari aral melintang selama berlayar. Tuturnya. 

“Kami lakukan upacara Nadran, rutin dilaksanakan setiap tahun sebagai bentuk sedekah laut, ucapan rasa syukur para nelayan atas capaian hasil tangkap ikan di laut. Kegiatan ini rutin dilakukan para nelayan setiap tahun,” ungkap kuwu Supriadi, Kamis, (11/7/2019).

Kuwu Supriadipun menambahkan untuk pelaksaan pesta nadran tahun ini dana yang tersedot lebih dari 145 juta lebih untuk dialokasikan dari pembukaan pesta laut, arak-arakan, hiburan, sosial dan keagamaan. Diapun menyebutkan persiapan pesta laut sedang dimulai dari titik  awal sampai pada Finishing,” Imbuhnya. (Toto M Said) 

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat