Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Feed



Google




Feed



Google




Kabupaten Cirebon

Desa Ciledug Kulon Menjadi Desa Emas dan Desa Digital IT “Inovasi SDM dan SDA Menjadi Kas Desa”

ToyaCirebonOnline.com

Kab. Cirebon, Ciledug – Pemerintah Desa Ciledug Kulon, Kecamatan Ciledug, Kabuputen Cirebon, termasuk dua Desa Emas di Kabupaten Cirebon selain Desa Kebon Turi. Sedangkan untuk Desa Digital sendiri telah dilakukan pemasangan CCTV di beberapa tempat strategis. Hal tersebut sebagai salah satu upaya untuk meningkatan keamanan dan kenyamanan warga desa Ciledug Kulon.

Dengan adanya 13 CCTV yang telah pasang di tempat strategis, pihaknya dapat memantauan langsung keamanan, ketertiban dan kenyamanan masyarakat Desa Ciledug kulon. ” Kami telah memasang CCTV di 13 titik strategis di antaranya pusat keramaian umum dan dilingkungan kantor desa Ciledug kulon. Dan, program berbasis drsa Digital IT ini sudah berjalan kurang lebih setahun yang lalu,  sesuai program Provinsi Jawa Barat. Kata Kuwu Ciledug Kulon H.Wawan Hermawan kepada CirebonOnline.com di ruang kerjanya. Rabu (11/11/2020).

Kuwu H. Wawan Hermawan adalah salah satu kuwu dua periode ini, memaparkan, bahwa program berbasis Desa Digital IT ini murni dari anggaran pendapatan asli desa. Walaupun desa kami tidak memiliki tanah kas desa, akan tetapi dirinya bersama Pemdes mencoba menggali potensi desa menjadi pusat perekonomian di Wilayah Timur Cirebon (WTC).

” Alhamdulillah dari retribusi alun – alun Desa Ciledug dan 15 kios yang di bangun untuk menggeliatkan UMKM menjadi kas desa yang dalam 1 tahun mendapat Rp 18 juta untuk meningkatkan SDM dan SDA di desanya.” tuturnya.

Sedangkan di dua ruang kontrol sebagai pusat pemantauan CCTV di desa Ciledug Kulon, bisa dilihat dan aktif selama 24 jam untuk memantau kamtibmas secara langsung. “Kedepan, kami akan memprogram 20 titik CCTV yang tersebar tempat strategis seperti batas desa, pertigaan jalan dan tempat lainnya yang rawan pintu masuk masyarakat umum.” Ungkapnya.

Lebih dari itu, kata H. Wawan, pihak Pemdes dan tokoh masyarakat akan terus memprioritaskan kamtibmas desa Ciledug Kulon tetap aman, tertib dan kondusif. Sebab, Ciledug merupakan pusat perekonomian dan berkerumunnya masyarakat baik siang maupun malam hari, Tandas Kuwu H. Wawan Hermawan mantan ABK di kapal pesiar. (Adang Juhandi)

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat