Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Feed



Google




Feed



Google




Kabupaten Cirebon

Desa Cikulak Pertahankan Budaya Lokal

CirebonOnline

Waled Kab. Cirebon – Kuwu Yusnaedi desa Cikulak, mengatakan berbagai langkah telah dilakukan dalam mempertahankan seni dan budaya lokal untuk regenerasi muda dalam mengantisipasi perkembangan budaya asing dan kemajuan tehnologi agar seni dan budaya jangan hilang seiring kemajuan zaman di era millenial. Kabupaten Cirebon merupakan salah satu banyaknya seni dan budaya di Indonesia. Semua unsur terutama elemen tingkat kecamatan dilibatkan dalam perhelatannya ke depan. Hal tersebut dikatakan Kuwu Yusnaedi Desa Cikulak kecamatan Waled Kabupaten Cirebon. Sabtu, (27/04/2019)

“Pagelaran ini, diharapkan rutin dilakukan untuk diusung Budaya Cirebon Tan Ana Sirna atau Budaya Cirebon Tidak Akan Pernah Punah,” katanya, usai ditemui toya CirebonOnline,” ungkapnya.

Kuwu Yusnaedi juga memaparkan, pagelaran ini masih tetap mengusung budaya lokal. Melalui  kirab budaya  tentunya akan lebih melestarikan dalam memajukan keberagaman kesenian yang ada. Sehingga pihaknya meminta setiap kecamatan untuk bisa menampilkan sejumlah adat istiadat dan kearifan lokal masing-masing.

Dijelaskan Kuwu Yusnaedi, Menyayangkan adanya potensi seni dan budaya lokal tersebut kurangnya miss komunikasi pada saat dilaksanakan sebagai bahan edukasi.

Bahkan, kata dia, pelaksanaan pagelaran Seni budaya lokal Sebenarnya, penyusunan perencanaan sudah dikonsep Oleh Disbudpora, namun momentnya tidak tepat bahkan waktunya molor tidak sesuai yang dijadwalkan dalam undangan. Jelasnya.

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat