Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Jawa Barat Kabupaten Cirebon

“Cirebon Zona Merah Radikalisme” Kemah Kebangsaan Ansor bersholawat Upaya Tangkal Radikalisme

ToyaCirebonOnline.com

Kab. Cirebon, Mundu – Cirebon tak hanya tempat transit bagi terduga pelaku, namun sudah menjadi tempat pengkaderan dan perekrutan radikalisme dan terorisme. Cirebon termasuk zona merah radikalisme dan terorisme. Hal itu dikatakan Mohammad Nuruzzaman selaku Komandan Densus 99 Banser. Dihadiri ratusan anggota Banser dari berbagai daerah menghadiri kegiatan kemah kebangsaan dan Ansor bersholawat yang didukung Cirebon Power berlangsung meriah.

Menurut Nuruzzaman, dengan banyaknya terduga teroris dan radikalisme yang tertangkap di wilayah III Cirebon. Maka, tidak menutup kemungkinan masih banyak pelaku lain yang belum diamankan. “Cirebon tak hanya tempat transit bagi terduga pelaku. Namun sudah menjadi tempat pengkaderan dan perekrutan radikalisme dan terorisme. Sehingga, harus ada upaya nyata dari beebagai pihak untuk menumpas hingga ke akarnya. Tandas Nuruzzaman diakhiri acara kemah kebangsaan dan Ansor bersolawat di Padepokan Anti Galau Al Busthomi, Desa Sinarancang, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Selasa (5/11/2019).

Lebih dari itu Nuruzzaman menegaskan, bahwa tugas ini bukan pihak keamanan saja untuk memerangi radikalisme dan terorisme, akan tetapi pemerintah daerah ikut berperan aktif untuk bersinergi dengan pihak berwajib. Ungkapnya.

Ditambahkan Kang Nuruzzaman, Dalam mengantisipasi sebagai salah satu upaya memerangi Radikalisme, Ansor-Banser dengan melibatkan kader Banser dalam menjaga keutuhan NKRI menggelar Pendidikan dan Latihan Dasar Barisan Ansor Serbaguna (Diklatsar Banser) sebagai salah satu upaya untuk menangkal radikalisme dan intoleransi demi memperkuat NKRI. Dan, bisa menginformasikan pada pihak keamanan, bila ada gejolak ancaman yang menjurus radikalisme.

“Saya mempunyai data, namun tak perlu dipublikasikan. Namun, pihsknya selalu berkomunikasi dengan pihak keamanan mengenai tempat yang disinyalir basis radikalisme dan terorisme,” terangnya.

Disampaikan Ketua Pengurus Cabang Gerakan Pemuda (PC GP) Ansor Kabupaten Cirebon, HM Ujang Busthomi, bahwa kemah kebangsaan ini untuk mempererat silaturahmi dan memperkuat ideologi NKRI. Selain itu juga diadakan pelantikan PAC dan ranting GP Ansor Kabupaten Cirebon. Dilantiknya pengurus GP Ansor tingkat ranting (desa), maka besar kemungkinan radikalisme dapat dicegah.

“Radikalisme merupakan musuh bersama yang harus diperangi. Sebab, akan memecah belah keutuhan NKRI. Maka dari itu, mari kita bersama menjaga keutuhan NKRI dengan menangkal radikalisme dan terorisme,” Tegas HM Ujang Busthomi, pimpinan Padepokan Anti Galau Al Busthomi. ( Toto M Said/Sp)

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat