Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Feed



Google




Feed



Google




Kabupaten Cirebon

Calon Kuwu Saefudin Zuhri “Tambahan Sejumlah Nama DPT Disepakati Semua Pihak”

ToyaCirebonOnline.com

Kab. Cirebon,  Mundu – Proses pemilihan kuwu serentak mulai menghangat. Di Desa Pamengkang kecamatan Mundu, sejumlah masyarakat terutama tim sukses meributkan persoalan DPT (Daftar Pemilih Tetap) yang berbeda dengan data panitia. Perdebatan tersebut terjadi disebabkan 17 suara masyarakat Pamengkang namanya belum tercatat dalam DPT.

Dijelaskan Penjabat Kuwu desa Pamengkang Hudi, adanya perbesaan nama yang belum masuk dalam DPT, dikarenakan ada kekeliruan dari pihak panitia. Dirinya menduga panitia kelelahan, sehingga ada nama yang terlewat di input kedalam data pemilih. Ia meminta kepada panitia agar lebih selektif dalam penginputan data, agar tidak ada permasalahan yang muncul pada saat pelaksanaan pencoblosan nanti.

“Kita semua sudah sepakat, tidak ada keberatan dari para calon. Jadi kekeliruan angka tersebut meeupakan kesalahan input oleh panitia. Ada 17 orang, ditambah 3, jadi 20 orang tambahan. Itu sudah di akomodir semua. Dan,  sudah sepakat dan tidak ada masalah,” ungkap Hudi saat ditemui di kantor Sekretariat Pilwu didesa Pamengkang. Senin (21/10/2019).

Sementara itu Calon Kuwu Saefudin Zuhri Nomer 1, menuturkan,  terkait selisih angka tersebut, ia mengatakan panitia sudah menjalankan prosesnya secara benar. Namun ia tidak memungkiri, panitia juga manusia yang bisa melakukan kesalahan. Ia berharap dengan adanya kejadian tersebut dapat dijadikan masukan dan bahan intropeksi bagi panitia agar lebih selektif dalam menjalankan fungsinya.

Lebih dari itu Saefudin Zuhri menyampaikan, pada saat penginputan, mungkin ada proses yang sedikit tidak terekspose. Sebetulnya prosesnya sama. Mungkin ada miss (kesalahpahaman) dari panitia dengan pengurus warga setempat. Yang namanya kegiatan begini pasti ada miss, tapi masih bisa diselesaikan. Ungkapnya. 

Calon Kuwu Saefudin Zuhri juga menambahkan, sejumlah nama yang belum masuk kedalam DPT sudah disepakati oleh semua pihak, agar tidak dimasukkan lagi kedalam DPT tambahan. Jika seandainya dalam pelaksanaan pencoblosan, masih ada warga yang belum terdata, ia berharap akan ada solusi untuk dicarikan jalan keluarnya. Sehingga diharapkan pelaksanaan pilwu di desa Pamengkang bisa berjalan kondusif, tertib dan damai. 

Ditambahkan Pulung selaku Panitia Pilwu, Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, jumlah DPT awal yang diserahkan panitia sebanyak 7501 pemilih. Kemudian terjadi perubahan menjadi 7469 dan yang terakhir belum masuk dalam data adalah sebanyak 17 orang dan tambahan sebanyak 3 orang. Diperkirakan jumlah total DPT adalah sebanyak 7.689 pemilih. (Toto M Said)

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat