Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Logo

Google




Feed



Logo

Google




Feed



Berita Cirebon

Budaya Sunda Harus Terjaga Kelestariannya

Kota Cirebon – Cirebon Online

Sebagai Warga Jawa Barat harus menjaga nilai-nilai luhur budaya Sunda untuk mempertahankan identitas kearifan lokal. Karena dengan menjaga kelestarian budaya Sunda berarti kita sebagai generasi muda harus menjaga tatanan etika tutur kata dan bahasa sebagai ciri khas suku dan budaya warisan leluhur kita yang menjadi icon bangsa Indonesia.

Seperti diungkapkan PJ Gubernur Jabar, Komjen M. Iriawan ketika menghadiri Sarasehan Penjabat Gubernur dengan Para Sesepuh, Seniman, Budayawan, dan Tokoh Masyarakat Jawa Barat Tahun 2018 di Gedung Negara Kabupaten Sumedang, Senin (3/9).
Iriawan menjelaskan, keberadaan budaya Sunda harus tetap dilestarikan dan dipegang teguh terutama warga Jabar. “Budaya Sunda harus tetap lestari. Kami titip kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar serta Bupati dan Walikota Se Jabar untuk menjaga budaya Sunda,” jelas Iriawan.
Ditambahkan Iriawan, saresehan sangat penting untuk mendapatkan identifikasi serta menjaga identitas kelestarian budaya Sunda. Imbuhnya.

Hal senada juga diungkapkan Penjabat Wali Kota Cirebon, DR. H. Dedi Taufik, MSi terkait budaya sunda diharapkan semua pihak mendukung dan menjaga budaya Sunda agar tetap terjaga kesatuan budaya dengan baik. “Dengan kekuatan jumlah sekitar 47 juta jiwa keberadaan dan kedudukan Sunda harus berkiprah hingga tingkat nasional. Filosofi orang Sunda dahulu yakni mangga ti payun (silahkan di depan red.) sekarang harus berubah yakni punten abdi ti payun (maaf saya harus di depan red),” kata Dedi.
Dedi juga memaparkan, “kiprahnya orang Sunda sudah banyak memajukan pembangunan nasional dan semua itu harus terjaga dengan baik. Pungkasnya.  (Toto M Said)

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat