Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Feed



Google




Feed



Google




Jawa Barat Kabupaten Cirebon

Bendungan Karet Tawangsari Telah Direhab Rekanan

ToyaCirebonOnline.com

KAB. CIREBON – Dikarenakan mengalami kerusakan yang cukup parah (sobek) pada  karetnya   bendungan Tawangsari, Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon. Akhirnya dilakukan perbaikan, hal itu direalisasi Kementrian PUPR, Dirjen SDA, SNVT Pelaksanaan Jaringan Pemanfaatan Air Cimanuk-Cisanggarung, yang masih adanya garansi dari pihak rekanan PT Mitra Wardhana.

Rehabilitasi bendunga dengan anggaran sebesar Rp 20 milyar lebih itu. Dari pantauan media CirebonOnline.com, saat dilokasi bendungan karet terlihat, telah dilaksanakan  perbaikan bendungan yang mengalami kerusakan tersebut. 

Disampaikan Kuwu Desa Tawangsari, Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon, M. Syaerofik, adanya perbaikan bendungan karet desa Tawangsari. Dirinya merasa bersyukur atas pertangggungjawaban pihak rekanan atas  jebolnya bendungan tersebut. Sebab kalau tidak di perbaiki, ratusan hektar lahan pertanian di desanya terancam tidak produktif.

“Pelaksana proyek dan Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk-Cisanggarung (BBWSCC) telah memperbaiki jebolnya bendungan karet itu,” kata Kuwu Tawangsari, Selasa (15/09/2020).

Dijelaskan kuwu M. Syaerofik, sudah puluhan tahun masyarakat Desa Tawangsari dan sekitarnya sangat bergantung pada sungai Cisanggarung. Dikarenakan untuk mengairi sawah sebagai pertanian, maka air sungai dan air laut yang berdekatan dengan muara, harus ada pemisah antara air sungai dengan air laut. agar lahan pertanian lebih produktif sesuai harapan para petani. Dan, salah satu upaya pemerintah adalah dengan membangun bendungan karet.

“Sebagian besar warga disini sangat bergantung pada sungai untuk pengairan sawahnya, ketika ada kebocoran, air laut masuk sehingga mengancam sawah-sawah mereka gagal panen dan tidak produktif lagi,” Tandasnya.

Ditambahkan kuwu M.Syaerofik, pihaknya menginginkan, setelah dilakukan perbaikan. Harapan masyarakat, pergantian dengan menggunakan karet yang memiliki kualitas terbaik agar tidak mudah terjadinya kebocoran  lagi.

“Kami hanya berharap bendungan karet yang telah diperbaiki dan kembali normal, dapat berdaya guna bagi para petani, karena bendungan karet ini sebagai penopang ekonomi sebagian besar masyarakat Desa Tawangsari,” ungkapnya.(Toto M Said).

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat