Bela Negara, Kobarkan Semangat Untuk Indonesia Maju

Cirebon Online

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Kab. Brebes, – Hari Bela Negara sebagai momentum untuk bersatu dan berkontribusi positif demi Indonesia Maju. Seluruh komponen dan masyarakat untuk terus mengobarkan semangat bela negara dan juga meningkatkan rasa cinta tanah air.

Demikian disampaikan Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar SH MHum saat membacakan amanat Presiden RI Joko Widodo saat upacara Hari Bela Negara tingkat Kabupaten Brebes di halaman Kantor Pemerintahan Terpadu (KPT) Brebes, Selasa (19/12/2023).

Menurut Jokowi, setiap tindakan sekecil apapun, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkrit bela negara.

“Apapun tindakannya kalau dilandasi cinta tanah air berarti wujud kongkrit bela negara,” tandasnya.

Apalagi lanjut Jokowi, tantangan masa depan bangsa Indonesia yang semakin tidak terduga bukan hanya ancaman fisik. Tetapi juga ancaman tak kasat mata seperti pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim telah membawa dampak dan risiko ketahanan negara.

Untuk itu, Jokowi menegaskan saat ini seluruh jajaran pemerintah termasuk masyarakat harus memiliki jiwa bela negara sebagai pilar utama yang menjadikan tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu.

“Semangat bela negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat,” pungkas Jokowi.

“Selamat Hari Bela Negara Ke-75 Tahun 2023, Kobarkan Bela Negara Untuk Indonesia Maju,” serunya.

Upacara memperingati hari bela negara selain dikuti TNI, Polri dan ASN juga berbagai unsur masyarakat dan organisasi masyarakat sosial. (Suprapto/Wasdiun)

Spread the love