Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Feed



Google




Feed



Google




Berita Nasional Kabupaten Cirebon

BBWS Provinsi Jabar dan PUPR Cirebon Survey Lokasi Rencana Waduk Waled Asem Seluas 28 Hektar

CirebonOnline

Kab. Cirebon, Waled – Adanya wacana pembangunan waduk di Desa Waled Asem, Kecamatan Waled, Kabupaten Cirebon, ditinjau langsung oleh tim dari  Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Provinsi Jawa Barat perwakilan Kementerian PUPR bersama dinas PUPR Kabupaten Cirebon, Kamis (29/04/2021).

Hal itu disampaikan Kuwu Yanto desa Waled Asem, saat kedatangan tim dari BBWS Provinsi Jawa Barat berserta perwakilan PUPR Kabupaten Cirebon, untuk meninjau ke lokasi rencana pembangunan waduk yang ada di waled asem seluas 28 Hektar.

“Kunjungan ini, bukan kali pertama oleh instansi pemerintah, tetapi sudah berapa kali sebelum dari BBWS Provinsi Jawa Barat survey langsung ke lokasi. Semoga hari ini menjadi awal yang positif akan direalisasikannya pembangunan waduk di Waled Asem,” Harap kuwu Yanto kepada media.

Pembangunan waduk itu sendiri akan dibangun di lahan seluas 28 hektar, namun untuk luas waduk sekitar 10 hektar. Dan, lahan yang digunakan dalam pembangunan waduk tersebut merupakan lahan milik dua desa, yakni Desa Waled Asem dan Waled Desa, Kecamatan Waled.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak Desa Waled Asem, dan tidak ada permasalahan,” tandasnya.

Kuwu Yanto juga memaparkan, bila diwujudkannya pembangunan waduk tersebut, maka sudah tentu banyak sekali manfaat yang akan di rasakan masyarakat yang berada di Kecamatan Waled dan sekitarnya.

Selain itu pihaknya ke depan akan menjadikan waduk sebagai agro wisata baru, yang akan mendongkrak sektor ekonomi masyarakat desa Waled Asem dan sekitarnya, bukan itu saja menurutnya waduk itu sendiri akan dapat meningkatkan sumber Pendapatan Asli Desa (PAD) dengan mengesplor berbagai potensi yang ada. Ujar Kuwu Yanto.

Sementara itu, Kabid PUPR Kabupaten Cirebon H. Jamal menjelaskan, bahwa waduk Waled Asem nantinya akan menampung air dari sungai Ciberes, yang selama ini menjadi salah satu penyebab banjir yang menakutkan disaat musim penghujan tiba, seperti di beberapa desa yang ada di Kecamatan Waled, dikarenakan sungai Ciberes tidak mampu menampung debit air, sehingga meluap kepemukiman penduduk.

Jadi, dengan adanya waduk ini, akan banyak manfaat yang akan di rasakan masyarakat sekitar waduk, khususnya para petani yang ada di wilayah waled asem dan sekitarnya, tidak merasa khawatir akan kekurangan air saat tidak ada lagi hujan yang turun.

Sedangkan di tempat terpisah, menurut Kuwu Mekarsari Uman Jayusnudin, adanya wacana pembangunan Waduk di Waled Asem disambut baik, terlebih adanya kunjungan dari Tim BBWS Provinsi Jawa Barat. Ia berharap wacana ini segera direalisasikan secepatnya untuk mengentaskan penderitaan warga desa di Kecamatan Waled.

“Jadi, apapun program pemerintah, yang penting banjir di Kecamatan Waled harus ada solusi dalam penanggulangan banjir yang kerap melanda masyarakat, akan kami dukung sepenuhnya,” ungkapnya.

Kami semua berharap, ini dapat direalisasikan, agar tidak lagi merasa penderitaan akan banjir yang kerap melanda bertahun-tahun, saat musim hujan tiba,” Harap kuwu Uman. (Toto M Said)

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat