Bawaslu Kabupaten Cirebon Terus Beri Pembekalan ke Petugas Panwascam

CirebonOnline

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Kab. Cirebon – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Cirebon meminta Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwacam) terus melakukan pengawasan dan mengawal proses penyusunan daftar pemilih pada Pemilu 2024.

“Prinsipnya, warga yang punya hak pilih jangan sampai tidak terdata. Karena itu, panwascam harus terus mengawal,” tegas Zaki Hilmi, Koordinator Divisi Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat Bawaslu Jabar.

Ia menjelaskan, pensiunan TNI-Polri harus masuk daftar pemilih. Sebaliknya, warga yang tercatat baru menjadi anggota TNI-Polri dikeluarkan dari daftar pemilih.

Pengawasan dan pengawalan juga dilakukan dalam daftar warga yang meninggal agar dipastikan tidak tercatat lagi, serta yang pindah domisili dipantau perbaikan segera diperbaiki datanya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Cirebon, Abdul Khoir didampingi Koordinator Sekretariat Bawaslu, Ayip Saduloh mengatakan, pihaknya terus memberikan pembekalan kepada petugas panwascam.

Minggu lalu, lanjut Abdul Khoir, para ketua panwascam serta divisi Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat (P2HM) kembali diberi pembekalan.

Kegiatan diikuti 80 orang peserta dan menghadirkan pembicara dari Bawaslu Jabar. Acara bertajuk Rakor Pengawasan dan Penyusunan Daftar Pemilih Pemilu 2024 berlangsung Jumat (19/5/2024).

“Kami juga membuka posko di Bawaslu dan semua panwascam di seluruh kecamatan di Kabupaten Cirebon. Bagi warga yang belum masuk daftar pemilih bisa melapor ke posko bawaslu maupun panwascam. Pastikan, warga yang sudah punya hak untuk memilih dalam pemilu sudah terdaftar di KPU. Bawaslu telah meminta petugas panwascam untuk terus aktif melakukan pengawalan dan pengawasan,” lanjut ketua bawaslu. (Kokoh)

Spread the love