Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Feed



Google




Feed



Google




Kabupaten Cirebon

Adanya Kampung KB dan Data Warga Desa Tersana Harus Maju Lintas Sektoral

ToyaCirebonOnline.com

Kab. Cirebon – Desa Tersana kecamatan Pabedilan kabupaten Cirebon giat melakukan kegiatan penyuluhan baik dari dinas pertanian maupun dari dinas Perikanan. Dalam agenda itu Bisyaratun SM.K akan mengembangkan dan memajukan kemampuan warga desa Tersana kecamatan Pabedilan kabupaten Cirebon. Melalui program kampung KB dan kampung data yang menjadi wadah komunikasi, edukasi dan kesehatan akan bisa diberdayakan kemampuan masyarakat untuk maju dalam pembangunan baik fisik maupun mental. 

Hal itu  dikatakan Bisyaratun SM.K  UPT P3A kecamatan Pabedilan, Dirinya,  akan terus membangun masyarakat desa Tersana dari edukasi rumah tangga tentang KB, kesehatan, pendidikan dan ketrampilan bagi warga binaannya. Bahkan dengan adanya penyuluhan dari dinas pertanian dan perikanan kali ini, sangatlah bermanfaat bagi warga desa Tersana karena disamping bekerja masyarakat juga diajak untuk memanfaatkan lahan yang kosong untuk diberdayakan sebagai tempat bercocok tanam seperti cabe bawang, sayur – sayuran dan lainnya. Ini merupakan ilmu pengetahuan bagi warga sebagai salah satu solusi menekan angka mahalnya sayur sayuran saat menjelang lebaran dan masyarakat tidak panik saat menghadapi mahalnya harga cabe, bawang dan rempah – rempah di Kabupaten Cirebon. 

“Ayo, kita optimimalkan lahan pekarangan rumah sebagai alternatif untuk antisipasi melonjaknya harga tanam dan pangan untuk kebutuhan pokok seperti bumbu dapur rumah tangga. Jadi kita berdayakan lahan pekarangan sebagai alternatif tanam pangan untuk kebutuhan kita” Unkap Bisyaratun atau akrab dipanggil Ibu Atun kepada ToyaCirebonOnline, Selasa (09/07/2019).

Ditambahkan Bisyaratun, saya yakin warga desa Tersana khususnya petani bisa memanfaatkan penyuluhan ini, sebab dari antusias warga mengikuti berbagai penyuluhan dan pelatihan selalu aktif dan selalu komunikatif. 

“Kami berharap warga desa tersana bisa memanfaatkan adanya Rumah KB dan Data sebagai salah satu wadah ilmu pengetahuan  pendidikan dan kesehatan untuk dasar membangun desanya. Masyarakat harus hidup sehat, cerdas dan mempunyai skill ekonomi untuk penopang kesenjangan ekonomi masyarakat desa”. Ungkapnya. 

Sementara itu. Kuwu Sarja Sugendri A. Md menghimbau untuk warganya, kita harus bisa menopang kebutuhan pertanian dan perikanan sebagai penopang ekonomi desa yang berdaya guna untuk kenaikan taraf hidup warga desa Tersana. Sebab dengan bercocok tanam dan perikanan seperti rempah-rempah, sayur – sayuran dan tambak ikan gurami ini bisa sebagai mata pencaharian untuk kebutuhan kita sendiri. Sehingga, apabila ada kendala mahalnya kebutuhan pokok seperti beras, cabe dan lainnya bisa diatasi. Tandas kuwu Sarja. (Toto M Said) 

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat